Jumat, 24 November 2017

Fenugreek untuk Diabetes

Fenugreek untuk Diabetes - Fenugreek, tanaman yang telah ada dan digunakan sejak zaman Mesir kuno di tahun 1500 SM diduga mampu mengatasi diabetes.


Fenugreek tersebut merupakan tanaman yang digunakan sebagai cita rasa masakan atau rasa di Timur Tengah, India dan Mesir. Tanaman yang disebut daun Trigonella Latin-abu-abu bisa dimakan, namun yang terkenal untuk digunakan dalam pengobatan adalah biji kecil dan coklat. Cincin itu mengandung karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, fosfor, air yang pasti bermanfaat dan menjaga tubuh dalam keadaan fit.

Fenugreek dan diabetes

Dipercaya bahwa biji Fenugreek telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati diabetes. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang telah dicampur dengan Fenugreek diperkirakan mengurangi kadar gula darah setelah makan pada orang dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2.

Ada satu penelitian yang menunjukkan diabetes tipe 2 yang bisa dikontrol jika Anda mengkonsumsi 10 gram biji fenugreek yang telah direndam dalam air panas setiap hari. Ada juga penelitian lain yang menyarankan bahwa makan makanan Fenugreek dapat membantu mengurangi resistensi insulin pada orang dengan diabetes tipe 2.

Apa yang membuat Fenugreek mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes? 

Pertama, Fenugreek tersebut dikatakan mengandung serat dan senyawa kimia lainnya yang dianggap memperlambat laju pencernaan dan menyerap karbohidrat dan gula di perut. Kedua, Fenugreek ini juga dipercaya bisa membantu memperbaiki cara tubuh menggunakan gula dan meningkatkan jumlah insulin yang dilepaskan.

Selain diabetes, Fenugreek ini dipercaya dapat mengurangi lemak tubuh (ditunjukkan dalam skala BMI) dan berat badan, mengobati berbagai penyakit seperti kolesterol tinggi, terbakar di perut (Heathburn) yang biasa ditemukan pada gejala sakit maag, konstipasi, Nyeri perut, asam urat, arteriosklerosis (aterosklerosis), demam, seks, kebotakan, bukti lebih lanjut dan penelitian masih diperlukan untuk mendukung tuduhan tersebut.

Efek samping dari Fenugreek

Meski alami, Fenugreek yang dikonsumsi sebagai suplemen herbal ternyata memiliki efek negatif seperti kembung, diare, atau iritasi kulit. Fenugreek ini juga tidak boleh digunakan oleh orang-orang yang menderita penyakit ginjal dan hati. Selain itu, tanaman ini juga diduga tidak aman jika dikonsumsi oleh anak-anak.

Bagi Anda yang sedang hamil dan menyusui, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi tanaman Fenugreek. Mengapa? Fenugreek ini cenderung membuat kontraksi muncul lebih awal dan menyebabkan bayi baru lahir memiliki bau badan yang tidak biasa. Jika Anda mengkonsumsi Fenugreek untuk merangsang produksi susu (ASI), itu harus diselidiki dan dipertimbangkan terlebih dahulu. Karena tidak ada bukti untuk memvalidasi pernyataan tersebut.

Jika Anda penasaran dengan manfaat Fenugreek dan ingin mencobanya untuk mengobati diabetes, disarankan untuk berbicara dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk menghindari hal-hal yang tidak terjadi pada Anda.

baca artikel sebelumnya : Khasiat Jambu Biji Untuk Diabetes

diposting oleh : kantungherbal.blogspot.co.id

Fenugreek untuk Diabetes

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Fenugreek untuk Diabetes

0 komentar:

Posting Komentar