Minggu, 01 Oktober 2017

Khasiat dan Manfaat Buah Mangga Bagi Ibu Hamil dan Janin

Khasiat dan Manfaat Buah Mangga Bagi Ibu Hamil dan Janin - Buah mangga adalah buah yang sangat segar dan biasanya banyak ditemukan di musim kemarau, meskipun beberapa jenis mangga juga bisa ditemukan di musim hujan. Buah dengan cita rasa yang manis dan sangat lembut adalah makanan keinginan rata-rata semua wanita hamil. Salah satunya adalah tradisi makan mangga muda saat memasuki tiga bulan pertama. Tapi apakah semua mangga aman untuk ibu hamil?

Mangga memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil. buah mangga mengandung banyak vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalori dan berbagai jenis kandungan mineral. Semua jenis nutrisi ini memiliki manfaat dan efek yang sangat baik bagi wanita hamil dan janin. untuk lebih jelasnya berikut adalah manfaat buah mangga berdasarkan sumber vitamin dan nutrisi yang bisa anda dapatkan. baca juga : Khasiat Buah Kesemek Yang Mampu Mencegah Kanker

Kandungan Vitamin A
Vitamin A merupakan asupan yang sangat penting untuk kesehatan mata. Kabar baiknya buah mangga juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, meski jumlahnya tidak sebanyak vitamin A dalam wortel. Selama masa kehamilan, vitamin A sangat berperan penting dalam pertumbuhan janin. Vitamin A dalam mangga juga berfungsi untuk menjaga agar sistem kekebalan tubuh kebal terhadap serangan berbagai penyakit.

Kandungan Vitamin B6
Vitami B6 adalah kandungan yang sangat penting dalam perkembangan fungsi neurologis bagi ibu atau janin yang dikandung selama kehamilan. Manfaat buah mangga untuk wanita hamil yang terkait dengan vitamin B6 adalah untuk membantu wanita hamil dari gangguan morning sickness, yaitu suatu kelainan yang terjadi di perut disertai mual. Kandungan vitamin B6 pada buah mangga juga baik untuk perkembangan otak bayi karena membantu pembentukan sel darah merah dan neurotransmitter.

Kandungan Vitamin C
Kandungan vitamin C juga merupakan salah satu manfaat dari buah mangga untuk wanita hamil. Pada masa kehamilan ibu hamil sangat membutuhkan banyak asupan vitamin C untuk pertumbuhan janin. Vitamin C adalah sumber antioksidan yang baik yang cocok untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil karena praktis dan mudah didapat. Antioksidan ini berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap zat-zat berbahaya yang bisa menyebabkan kanker atau gangguan kehamilan. Vitamin C juga berperan aktif dalam pembentukan kolagen, penyembuhan luka dan penyerapan zat besi yang baik. Vitamin C juga berperan dalam perkembangan otak janin, yang mendukung fungsi kognitif dan neurologis.

Mengandung Kalium
Selama masa kehamilan, volume darah seorang ibu hamil cenderung meningkat sehingga membutuhkan asupan mineral lebih dari biasanya untuk mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Kalium merupakan salah satu nutrisi yang ditemukan pada buah mangga yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit. Ia bekerja untuk mentransfer impuls saraf dan mempertahankan kontraksi otot.

Mengandung Serat
Gangguan pencernaan adalah salah satu penyakit paling umum selama kehamilan. Banyak ibu hamil mengalami konstipasi pada trimester pertama kehamilan. Konstipasi biasanya disebabkan oleh kurangnya serat dalam tubuh. Nah, didalam buah mangga ini juga terdapat kandungan serat yang bisa membuat anda merasa cepat kenyang sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Mengandung Folat

Asupan Folat yang cukup sangat sangat penting pada masa kehamilan. Kekurangan folat dapat menyebabkan kelahiran dengan cacat di otak serta terganggunya sumsum tulang belakang pada bayi. Untuk mengurangi risiko tersebut sangat disarankan untuk memenuhi asupan asam folat sehari-hari, misalnya dengan memakan mangga. Kandungan folat dalam mangga membantu tubuh membentuk sel darah merah dan DNA yang pada akhirnya akan mengurangi risiko cacat lahir.

Mengandung Kalori
Kalori dibutuhkan oleh ibu hamil sebagai sumber energi. Selama kehamilan, ibu hamil harus terus melakukan berbagai aktivitas, termasuk pekerjaan dan aktivitas lainnya. Tidak mendapatkan asupan kalori akan menyebabkan tubuh wanita hamil menjadi lebih lemah dan mudah sakit. Selain itu, kebutuhan kalori untuk ibu hamil akan lebih tinggi saat memasuki trimester ketiga.

Hal ini diperlukan untuk mempersiapkan proses kelahiran, produksi susu dan sumber energi. Karena itu, konsumsi buah untuk wanita hamil seperti mangga, sangat penting untuk menjadi sumber energi yang penting selama masa kehamilan.

Kandungan Magnesium
Wanita hamil memiliki kebutuhan dan perubahan berbeda yang sangat berbeda dengan wanita yang tidak hamil. Wanita hamil membutuhkan jumlah magnesium yang lebih tinggi untuk menghilangkan stres selama kehamilan. Magnesium yang ditemukan pada buah mangga juga penting untuk menjaga agar otot tubuh tetap nyaman sehingga ibu hamil tidak mudah lelah. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan wanita hamil mudah stres karena kelelahan dan stres akibat perubahan hormon.

Kandungan Protein
Protein yang ditemukan pada buah mangga memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga agar ibu hamil selalu sehat. Protein yang terkandung dalam manfaat mangga bagi wanita hamil, memiliki peran sebagai sumber energi dan mengurangi kelelahan yang berlebihan. Inilah yang membuat buah mangga sangat menyegarkan dan membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik.

Itulah informasi yang bisa Kantung Herbal sampaikan mengenai Khasiat dan Manfaat Buah Mangga Bagi Ibu Hamil dan Janin. semoga bermanfaat.

Khasiat dan Manfaat Buah Mangga Bagi Ibu Hamil dan Janin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Khasiat dan Manfaat Buah Mangga Bagi Ibu Hamil dan Janin

0 komentar:

Posting Komentar